Kompetensi Profesi Teknologi Pendidikan

A. Pengelola Media dan Sumber Belajar

Sebagai pengelola media dan sumber belajar memiliki kemampuan untuk merencanakan, memiliki, mengatur dan mengelola semua sumber belajar yang ada atau yang diperlukan pada lembaga unit yang bersangkutan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang membutuhkannya. Kompetensi ini terdapat dalam perkuliahan Pengelolaan Perpustakaan dan Sumber Belajar dengan rincian kemampuan, yaitu :

  1. Melaksanakan evaluasi Sumber Belajar
  2. Melakukan pengolahan Sumber Belajar
  3. Merencanakan penataan Sumber Belajar
  4. Membuat sistem pelayanan Sumber Belajar
  5. Melakukan perawatan/pemeliharaan Sumber Belajar

B. Perancang Program Pembelajaran

Sebagai perancang program pembelajaran memiliki kemampuan untuk merancang program pembelajaran baik untuk jangka panjang seperti program tahunan, program semester maupun program jangka pendek seperti satuan pelajaran untuk setiap pokok bahasan mulai dari pendidikan dasar, menengah sampai perguruan tinggi sesuai dengan kurikulum dan GBPP masing-masing bidang studi.

C. Konsultan Pengembangan Program Pembelajaran

Sebagai konsultan pengembangan program pembelajaran memiliki kemampuan memberikan konsultasi kepada guru atau pengajar untuk mengembangkan program pembelajaran baik untuk jangka panjang seperti program tahunan program semester maupun program jangka pendek seperti pelajaran untuk setiap pokok bahasan mulai dari Satuan Pelajaran, sekolah dasar, sekolah menengah sampai perguruan tinggi sesuai dengan kurikulum dan GBPP masing-masing bidang studi.

D. Perancang Program Pelatihan

Sebagai perancang program pelatihan memiliki kemampuan untuk merancang suatu program pelatihan pada Lembaga/pusat/unit pendidikan dan latihan sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang membutuhkannya. Kompetensi ini terdapat dalam perkuliahan Manajemen Sistem Kepelatihan dengan rincian kemampuan, yaitu:

  1. Mengidentifikasikan kebutuhan pelatihan (organisasi dan anggaran)
  2. Merumuskan tujuan pelatihan (tujuan umum dan khusus)
  3. Merumuskan ruang lingkup materi pelatihan
  4. Memilih dan merumuskan metode pelatihan
  5. Menentukan instruktur pelatihan
  6. Merumuskan evaluasi program pelatihan

E. Konsultan Pengembangan Program Pelatihan

Sebagai konsultan pengembangan program pelatihan memiliki kemampuan memberikan layaanan konsultasi tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pelatihan berdasarkan prinsip-prinsip teknologi pendidikan.

F. ProduserMedia Pembelajaran

Sebagai produser media pembelajaran memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisa masalah komunikasi, merancang dan memproduksi media serta mengadministrasikan fasilitas dan personalia produksi media. Kompetensi ini terdapat dalam perkuliahan fotografi, media grafis, gafika/sablon, pengembangan media audio/radio, sinematografi, pengembangan media TV/Videodan pengembangan multimedia komputer dengan rinciankemampuan, yaitu:

  1. Fotografi

  1. Kemampuan dalam mengenaljenis kamera foto
  2. Keterampilan dalam memilih jenis film sesuai dengan karakteristik kamera
  3. Mengenal dan memahami fungsi masing-masing komponen kamera foto
  4. Kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikankamera foto untuk pengambilan gambar yang benar
  5. Kemampuan dan keterampilan dalam proses penegatifan film B/W
  6. Kemampuan dan keterampilan dalam proses cetak foto B/W

 2. Grafika/Sablon

  1. Kemampuan merancang disain sticker, berbagai jenis kartu, plakat dan merek/gambar baju dan tekstil Iainnya.
  2. Kemampuan membuat film sablon
  3. Kemampuan dalam mengafdruk
  4. Kemampuan mencetak sesuai desain dengan basis air dan basis minyak

  3. Pengembangan media Audio/Radio

  1. Kemampean membuat naskah program audio
  2. Kemampuan memproduksi program audio
  3. Kemampuan dalam mengenal jenis peralatan studio rekaman
  4. Kemampuan mengenal dan memahami fungsi masing-masing peralatan produksi media audio
  5. Kemampuan memahami dan menguasai peran kerabat kerja
  6. Kemampuan mengoperasikan peralatan perekaman media audio

 4. Pengembangan Media TV/Video

  1. Kemampuan dalam mengenal jenis kamera video
  2. Kemampuan mengenal dan memahami fingsi masing-masing komponen Video
  3. Kemampuan memahami dan menguasai peran kerabat kerja
  4. Kemampuan mengoperasikan/shooting
  5. Kemampuan membuat naskah video
  6. Kemampuan mengedit rekaman video

  5. Pengembangan Multimedia Komputer

  1. Merancang dan mendesain produk multimedia komputer
  2. Mengembangkan dan memproduksi multimedia komputer
  3. Merancang dan memproduksi pembelajaran berbasis web
  4. Melakukan instalasi dan programing serta jaringan
  5. Merancang program animasi
  6. Melakukan evaluasi program pembelajaran berbasiskan komputer
  7. Mengoperasikan software dan berbagai program komputer

G. Konsultan Pengembangan Media

Sebagai konsultan pengembangan media memiliki kemampuan memberikan layanan konsultasi tentang perencanaan, penggunaan dan evaluasi media, perawatan dan pemeliharaan berdasarkan prinsip-prinsip teknologi pendidikan.

H. Peneliti dan Pengembang Teknologi Pendidikan

Sebagai peneliti dan pengembang teknologi pendidikan memiliki kemampuan mengkaji, meneliti dan mengembangkan berbagai sumber daya belajar seperti meneliti kurikulum, program pembelajaran, berbagai media, berbagai sumber belajar, pengelolaan dan pemanfaatannya. Untuk kepentingan pembelajaran pada setiap jenjang dan jalur pendidikan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia. Untuk mendukung kemampuan ini mata kuliah penelitian kuantitatif, kualitatif dan action research.

I. Evaluator

Sebagai evaluator memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan evaluasi tentang kurikulum, program pembejaran, proses dan hasil belajar, program pelatihan mengevaluasi media, dalam berbagai satuan jenjang pendidikan mulai pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi.

J. Pengajar/Instruktur

  1. Sebagai guru mata pelajaran TI & K di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya
  2. Sebagai pengajar/instruktur memiliki kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pelatihan pada sekolah atau lembaga pendidikan dan pelatihan yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi pendidikan seperti perencanaan pengajaran, strategi mengajar, pengelolaan pembelajaran media pendidikan, penilaian pendidikan, teori belajar, penilaian evaluasi pembelajaran dan program, serta sebagai instruktur bidang komputer multimedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *