Kurikulum

KURIKULUM

JURUSAN KURIKULUM DAN TEKOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

 SEMESTER 1

1. Dasar-dasar Teknologi Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini mempelajari filsafat, landasan, dan konsep dasar teknologi pembelajaran untuk pemecahan masalah pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi : 1) Kajian tentang hakekat teknologi pembelajaran, 2) Kajian tentang landasan teknologi pembelajaran, 3) Bidang garapan teknologi pembelajara, 4) Perkembangan teknologi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap praktek pembelajaran

2. Dasar-dasar Media Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai hakekat media pembelajaran serta berbagai media pembelajaran. Pada mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana merancang beragam media pembelajaran, memproduksi beragam media pembelajaran, serta mengevaluasi beragam media pembelajaran.

 3. Dasar-dasar Komputer

Sinopsis :

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar media pembelajaran dalam rangka pengembangan multimedia, pengenalan hardware dan software komputer serta instalasi sistem operasi. Pada mata kuliah ini mahasiswa juga menguasai konsep dasar media pembelajaran dalam rangka pengembangan multimedia.

 4. Dasar-dasar Komunikasi

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berbagai teori komunikasi untuk merekayasa media dan multi media pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi: 1) Kajian terhadap konsep dasar komunikasi, 2) Kajian terhadap jenis-jenis komunikasi, 3) Kajian terhadap komunikasi yang efektif.

 5. Dasar-dasar Kurikulum

Sinopsis :

Pengkajian tentang konsep dasar kurikulum, meliputi kedudukan kurikulum dalam pendidikan dan pengajaran, pengertian dan fungsi kurikulum, kajian tentang landasan, komponen, prinsip, model dan organisasi pengembangan kurikulum serta faktor-faktor yang mempengaruhi kurikulum.

 6. Fotografi

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan untuk mendesain dan mengembangkan multimedia. Pengkajian terhadap pemanfaatan fotografi sebagai media pembelajaran, pengenalan berbagai jenis peralatan fotografi, teknik pemotretan untuk keperluan media.

 SEMESTER 2

1. Teori Belajar dan Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi : 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan teori perspektif, 2)Teori-teori belajar yang meliputi : (a) Teori behavioristik, (b) Teori kognitif, (c) Teori konstruktivisme, (d) Teori belajar sosio-kultural (konstruktivistik), (e) Teori humanistik, (f) Teori pemrosesan informasi, (g) Teori kecerdasan ganda, dan (h) Neuroscience, 3) Penerapan teori-teori belajar ke dalam praktek pembelajaran.

Mata kuliah ini memut pesan substantif dengan pendekatan perkuliahan mengkombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan sertai tugas terstruktur oleh mahasiswa dalam bentuk makalah presentasi (kelompok) dan tugas terapan (individual). Mahasiswa dituntut mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama mahasiswa dan dosen.

2. Statistika Deskriptif

Sinopsis :

Mata kuliah statistika deskriptif akan mengkaji mengenai jenis-jenis data. Selanjutnya akan memberikan pemahaman tentang teknik penyajian data serta teknik korelasi.

3. Psikologi Komunikasi

Sinopsis :

Mata kuliah Psikologi Komunikasi adalah mata kuliah yang mengkaji seluruh aspek-aspek komunikasi dan fenornena komunikasi yang terjadi pada diri manusia dan perspektif Ilmu Psikologi. Seluruh konsep dan pemahaman tentang psikologi seperti persepsi, motivasi, konsep diri, dan sebagainya akan digunakan dalam menganalisis proses komunikasi manusia. Pemahaman tersebut penting dalam upaya mencermati aspek psikologis pada bentuk bentuk komunikasi yang terjadi pada diri manusia, terutama meliputi komunikasi intrapersonal, komunikasi antarpersonal.

 4. Disain Grafis

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep dasar disain grafis, jenis-jenis disain grafi, serta mampu menguasai teknik pembuatan disain grafis. Pada mata kuliah ini akan melatih penguasaan teknik komputer grafis melalui  beberapa program atau software untuk membuat rancangan karya desain grafis.

5. Teknik Jaringan

Sinopsis :

Materi pada mata kuliah ini mengkaji jenis-jenis jaringan komunikasi berbasis komputer serta teknis pemasangan beberapa jaringan komunikasi berbasis komputer.

 6. Pengembangan Media Audio dan Radio

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan untuk mendesain dan mengembangkan multimedia. Kajian perkuliahan meliputi : 1) Kajian terhadap pemanfaatan media audio dalam pembelajaran, 2) Teknik penulisan naskah program audio untuk media pembelajaran, 3) Berbagai jenis peralatan audio dan studio rekaman, 4) Teknik produksi media audio untuk pembelajaran.

 SEMESTER 3

1. Strategi Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis hakikat dan makna strategi pembelajaran, mengidentifikasi berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan terarah dengan tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Menganalisis variabel dalam pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran dan karakteristik bidang studi, kendala, karakteristik peserta didik. Strtegi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, strategi pengelolaan pembelajaran.

2. Metode Penulisan Karya Ilmiah

Sinopsis :

Pengkajian mengenai karakteristik karya ilmiah, jenis dan criteria karya ilmiah. Pemilihan judul berdasarkan tema dan topic tertentu. Penyusunan kerangka tulisan, pemilihan bahan perpustakaan, pengembangan isi tulisan menurut kerangka/format penulisan, teknik penulisan kutipan dan daftar kepustakaan, yang semuanya dituangkan dalam sebuah makalah/karya ilmiah.

3. Pengembangan Sumberdaya Manusia

Sinopsis :

Perkuliahan ini mengkaji tentang konsep dasar pengembangan sumber daya pembelajaran, pusat sumber belajar sebagai lembaga sumber daya pembelajaran dan pengelolaannya. Sebelum mengambil mata kuliah ini mahasiswa telah mengikuti perkuliahan pengelolaan perpustakaan, media pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

 4. Statistika Inferensial

Sinopsis :

Mata kuliah statistika inferensial akan mengkaji mengenai analisis regresi. Selanjutnya akan memberikan pemahaman tentang teknik Uji Perbedaan (Chi Kuadrat, t-Test, ANAVA) serta uji persyaratan analisis data. Prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini adalah mahasiswa telas lulus mata kuliah Statistika Deskriptif.

5. Teknik Animasi

Sinopsis :

Materi pada mata kuliah ini akan memberikan pemahaman dan penguasaan pengetahuan serta keterampilan tentang konsep dasar animasi. Pengenaan karakteristik software untuk membuat program animasi yang dapat menunjang pembelajaran, dengan mengaplikasikan beberapa software animasi.

 6. Penelitian Kuantitatif

Sinopsis :

Kedudukan mata kuliah ini termasuk kelompok mata kuliah bidang studi pada Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP. Garis besar mata kuliah ini adalah pemahaman mengenai konsep dasar penelitian, langkah-langkah penelitian, penyusunan proposal dan disain operasional penelitian, penyusunan instrument dan pengumpulan data, pengolahan data dan penyusunan laporan serta implementasi hasil penelitian untuk keperluan pengajaran. Manfaat mata kuliah adalah mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan untuk keperluan pengajaran.

 7. Filsafat dan Teori Pendidikan

Sinopsis :

Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang pengertian filsafat pendidikan, elemen-elemen pendidikan dalam prespektif filsafat yang meliputi: institusi pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), sumber-sumber pendidikan (guru, dan buku ajar), lingkungan pendidikan, alat pendidikan, metode pendidikan. Pada mata kuliah ini juga mengkaji tentang teori-teori pendidikan.

 SEMESTER 4

1. Perencanaan Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berbagai konsep dan teori desain pesan dan pembelajaran untuk pengembangan kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan masyarakat. Kajian perkuliahan meliputi : 1) Kajian tentang berbagai model desain pembelajaran, 2) Kajian tentang karakteristik dan kebutuhan peserta didik, 3) Pengembangan standar kompetensi, kompetensi dasar serta indikator pembelajaran, 4) Penyusunan rencana pembelajaran tahunan, semesteran, dan mingguan.

 2. Pengelolaan Perpustakaan

Sinopsis :

Pengkajian konsep dasar perpustakaan, organisasi dan administrasi perpustakaan, pengadaan koleksi perpustakaan, klasifikasi, katalogisasi, penyusunan koleksi di rak, pelayanan pembaca dan peminjaman. Serta pemeliharaan dan perawatan koleksi perpustakaan. Mata kuliah ini juga mengkaji hakikat perpustakaan sebagai sumber belajar.

 3. Evaluasi Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran sesuai standar SNPT. Kajian perkuliahan meliputi : 1) Kajian tentang hakekat evaluasi pembelajaran, 2) Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, 3) Jenis dan teknik evaluasi pembelajaran, 4) Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran, 5) Kajian tentang persyaratan instrumen evaluasi pembelajaran, 6) Analisis hasil evaluasi pembelajaran.

 4. Penelitian Kualitatif

Sinopsis :

Garis besar mata kuliah ini adalah pemahaman mengenai konsep dasar penelitian kualitatif dengan menganalisis problem atau permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan, serta bagaimana memberikan solusi dengan pertimbangan yang komprehensif, etis, edukatif, dan profesional. Kajian dalam mata kuliah ini juga meliputi metodologi dalam penelitian kualitatif dan berbagai jenis penelitian kualitatif. Prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini adalah mahasiswa telah lulus mata kuliah penelitian kuantitatif.

 5. Analisis Kurikulum Pendidikan Dasar

Sinopsis :

Mata kuliah ini mengkaji hakekat kurikulum dalam pembelajaran. Kegiatan mata kuliah ini juga memberikan pemahaman dalam mendesain kurikulum sesuai kebutuhan pengguna, mengembangkan berbagai model kurikulum berdasarkan satuan pendidikan, serta mengevaluasi kurikulum yang berlaku di berbagai satuan pendidikan.

6. Bahasa Pemograman

Sinopsis :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman terhadap mahasiswa mengenai berbagai bahasa pemograman untuk kepentingan kependidikan. Memahami penggunaan beberapa bahasa pemograman. Capaian pembelajaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memproduksi multimedia untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

 SEMESTER 5

1. Kewirausahaan

Sinopsis :

Mata kuliah ini mengkaji hakekat dari kewirausahaan, prinsip kewirausahaan, dan menganalisis permasalahan kewirausahaan. Capaian pembelajaran dari mata kuliah ini adalah dapat menginternalisasi jiwa mandiri dalam menjalani profesi teknologi pembelajaran berdasarkan filsafat Alam Takambang jiwa Guru.

 2. Penelitian Tindakan Kelas

Sinopsis :

Mata kuliah ini mengkaji hakekat penelitian tindakan kelas. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai metodologi dalam penelitian tindakan kelas serta kajian terhadap peranan penelitian tindakan kelas dalam perbaikan pembelajaran.

 3. Pengembangan Bahan Ajar dan Buku Teks

Sinopsis :

Kajian pada mata kuliah ini adalah konsep dasar bahan ajar. Selain itu akan mengkaji prinsip-prinsip penulisan bahan ajar, aspek-aspek materi bahan ajar dan buku teks. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai cara mengidentifikasi penilaian bahan ajar dan buku teks, komponen penilaian, dan format penilaian bahan ajar menurut macam-macam bahan ajar. Selanjutnya akan mengkaji cara menyusun bahan ajar cetak dan non cetak serta mempraktekkan desain grafis dalam perwajahan bahan ajar.

4. Pengembangan e-learning

Sinopsis :

Mata kuliah ini mengkaji hakekat e-learning sebagai media pembelajaran. Mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai teknis pembuatan e-learning, prinsip dari pengembangan e-learning, serta pengelolaan e-learning. Capaian pembelajaran dari mata kuliah pengembangan e-learning ini adalah memproduksi multimedia untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

 5. Percetakan dan Sablon

Sinopsis :

Mata kuliah percetakan dan sablon ini memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk memahami bahan dan alat cetak grafis, pembuatan desain, pola, memahami dan mengaplikasikan. Mata kuliah ini menekankan pada penguasaan bahan, alat, teknik cetak dalam, cetak sablon. Materi perkuliahan mencakup jenis bahan, karakteristik bahan, kegunaan bahan, jenis alat, fungsi alat, dan teknik. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan perkuliahan teori dan praktek. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan tes, karya tugas harian, dan presentasi karya.

 6. Komputer Multimedia

Sinopsis :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman terhadap mahasiswa tentang konsep dasar multimedia. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip pembuatan multimedia. Selain itu, mempelajari pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran sehingga dapat memproduksi multimedia untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

 7. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif

Sinopsis :

Mata kuliah pengembangan model pembelajaran inovatif merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori dan konsep pengembangan model pembelajaran inovatif. Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang: konsep dasar pengembangan model pembelajaran inovatif, proses pengembangan model pembelajaran inovatif, strategi pengembangan model pembelajaran yang inovatif.

SEMESTER

1. Evaluasi Program

Sinopsis :

Mata kuliah evaluasi program akan memberikan pemahaman terhadap siswa mengenai hakikat dan prinsip-prinsip evaluasi program. Pada mata kuliah ini akan mengkaji jenis serta teknik evaluasi program, pengembangan instrumen, persyaratan instrumen evaluasi program, dan menganalisis hasil evaluasi program.

 2. Seminar Teknologi Pembelajaran

Sinopsis :

Seminar Teknologi Pendidikan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan teknologi pendidikan secara konseptual dan penerapannya di lapangan. Masalah yang dipilih kemudian ditulis dalam bentuk makalah dan diseminarkan di bawah bimbingan dosen pembina mata kuliah seminar. Seminar ditekankan pada pembahasan aspek-aspek teoritis/konseptual dan aplikasi praktis TP. Prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini mahasiswa harus telah lulus mata kuliah Metode Penulisan Karya Ilmiah.

 3. Manajemen Sistem Kepelatihan

Sinopsis :

Materi pada mata kuliah manajemen sistem kepelatihan mengkaji konsep dasar dari pelatihan. Mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai pengelolaan kegiatan pelatihan yang efektif serta rancangan program pelatihan yang efektif. Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu mendesain program pendidikan dan pelatihan yang efektif.

 4. Pembelajaran Mikro

Sinopsis :

Mata kuliah pembelajaran mikro mengkaji tentang keterampilan dasar praktek pembelajaran. Dapat menganalisis  membelajarkan peserta didik.

5. Pengembangan Media Video dan Televisi

Sinopsis :

Materi yang dibahas pada mata kuliah ini adalah: a) pemanfaatan media video dalam pembelajaran, b) teknik penulisan naskah program video untuk media pembelajaran, c) berbagai jenis peralatan produksi media video, dan d) teknik produksi media video untuk pembelajaran.

6. Profesi Teknologi Pembelajaran

Sinopsis :

Materi kuliah yang dibahas dalam mata kuliah ini berkenaan dengan: Konsep dasar profesi kependidikan pengertian, syarat-syarat profesi, standar unjuk kerja guru, kode etik profesi kependidikan, organisasi profesi kependidikan, sikap profesional kependidikan, cakupan profesi kependidikan sertifikasi guru, perlindungan terhadap profesi kependidikan, dan profesionalisasi, profesi TP, syarat-syarat profesi TP, tugas pokok profesi TP, ruang lingkup profesi TP, visi, misi, tujuan profesi TP, tanggung jawab profesi, kode etik profesi TP,  organisasi profesi TP, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, kegiatan IPTPI, profesi TP. Sebagai pengembang teknologi pembelajaran visi dan misi sarjana TP, tujuan, kompetensi S-1 TP, unjuk kerja lulusan TP, sertifikasi dan latihan TP, konteks kemasyarakatan TP dan hubungannya, sumber-sumber yang berpengaruh, perspektif TP masa depan, praktek TP.

 7. Pengembangan Sumberdaya Pembelajaran

Sinopsis :

Mata kuliah pengembangan sumberdaya pembelajaran merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang hakekat sumber belajar, permasalahan dalam pengelolaan sumberdaya pembelajaran, serta optimalisasi pendayagunaan sumberdaya pembelajaran.

 8. Pembelajaran Berbasis Komputer

Sinopsis :

Materi yang dikaji dalam mata kuliah ini adalah konsep dasar pembelajaran berbasis komputer, jenis-jenis program pembelajaran yang berbasis komputer, serta kajian terhadap teknis pembuatan program pembelajaran berbasis komputer. Capaian dari pembelajaran ini adalah mahasiswa dapat mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

 SEMESTER 7

1. Manajemen Pembelajaran Efektif

Sinopsis :

Materi mata kuliah ini membahas pengelolaan pembelajaran yang efektif, pengembangan kemampuan interaksi dan komunikasi yang mendidik, serta analisis terhadap permasalahan pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *