SEJARAH BERDIRINYA DEPARTEMEN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNP
Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP merupakan salah satu Departemen yang memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Barat. Diresmikan pada tanggal 15 Juli 1983, Departemen ini lahir dari visi untuk mencetak para teknolog pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat global. Departemen ini lahir dari visi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengelola dan mengembangkan teknologi pendidikan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendirian Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP dilatarbelakangi oleh beberapa faktor penting, antara lain:
- Perkembangan Teknologi: Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada era modern menuntut adanya tenaga pendidik yang mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.
- Kebutuhan Pasar: Meningkatnya permintaan akan tenaga professional di bidang teknologi pendidikan, baik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal.
- Visi UNP: Sejalan dengan visi UNP untuk menjadi pusat unggulan dalam bidang pendidikan, sains, teknologi, olahraga, dan seni, maka didirikanlah program studi ini untuk menjawab tantangan zaman.
Proses pendirian Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP melibatkan berbagai pihak, mulai dari para akademisi, praktisi pendidikan, hingga pemangku kepentingan lainnya. Beberapa tahapan penting dalam proses pendirian Departemen ini, antara lain:
- Studi Kelayakan: Dilakukan kajian mendalam mengenai kebutuhan pasar, potensi pengembangan, serta sumber daya yang tersedia.
- Perumusan Kurikulum: Disusun kurikulum yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan dan kebutuhan dunia kerja.
- Perizinan: Diajukan permohonan izin pendirian program studi kepada pihak berwenang.
- Rekrutmen Dosen: Dilakukan rekrutmen dosen yang memiliki kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
- Pembukaan Departemen: Setelah semua persyaratan terpenuhi, Departemen resmi dibuka dan menerima mahasiswa baru.
Sejak didirikan, Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP telah mengalami perkembangan yang signifikan. Beberapa capaian yang telah diraih antara lain: 1) Peningkatan Jumlah Mahasiswa: Terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar dan diterima di Departemen ini setiap tahunnya. 2) Pengembangan Kurikulum: Kurikulum terus diperbarui untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. 3) Kerjasama dengan Institusi Lain: Dilakukan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, industri, dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas lulusan. 4) Penelitian dan Publikasi: Dosen dan mahasiswa aktif melakukan penelitian di bidang teknologi pendidikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya. 5) Pengabdian Masyarakat: Departemen ini memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian Masyarakat.